Sekolah Islam Terpadu Al-Khawarizmi

SEKOLAH ISLAM TERPADU

AL-KHAWARIZMI

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SIT Al-Khawarizmi tahun 2018

Tahun pelajaran baru 2018/2019 telah dimulai yang ditandai dengan secara serempak sekolah-sekolah dari SD, SMP, dan SMA maupun yang sederajat di seluruh Indonesia kembali beraktifitas pada hari ini (16/7). Setelah melewati masa-masa libur semester Genap yang panjang (kurang lebih 2 bulan) sejak dari bulan Mei lalu, suasana sekolah pun kembali diramaikan dengan hiruk pikuk kedatangan siswa, guru, dan seluruh masyarakat sekolah yang memulai hari pertama masuk sekolah. Tidak terkecuali juga Sekolah Islam Terpadu Al-Khawarizmi, mulai dari SDIT, SMPIT, dan SMAIT angkatan pertama, sejak pukul 07.00 waktu sekitar telah memadati lingkungan sekolah yang berlokasi di depan Rumah Pendopo Bupati Paser.

Terlalu banyak kata yang dibutuhkan untuk mengekspresikan suasana di SIT Al-Khawarizmi pada pagi hari ini. Mulai dari perasaan malu, haru, lega, dan berbahagia karena dapat kembali beraktifitas di sekolah dan bertemu kembali dengan kawan-kawan, sampai padatnya lalu lintas yang terjadi di depan sekolah pun turut menghiasi hari pertama masuk sekolah 😅. Kami sampaikan permohonan maaf kepada pengguna jalan atas gangguan lalu lintas tersebut, dan semoga ini bisa menjadi doa baik kita bersama, pertanda akan makin semaraknya aktifitas belajar mengajar di Al-Khawarizmi. Dan semoga ke depan akan ada solusi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas sehingga tidak lagi memunculkan kemacetan. Aamiin yaa robbal ‘aalamiin.

Tahun pelajaran 2018/2019 ini pun menjadi semakin spesial karena Al-Khawarizmi telah memiliki Angkatan Pertama kelas X Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) yang berjumlah 22 siswa dan insyaaAllah pada hari ini akan memulai hari pertamanya sebagai siswa SMAIT Al-Khawarizmi. Ini adalah salah satu momen bersejarah yang diharapkan bisa menjadi awal munculnya generasi Ilmuwan dan Pemimpin Paser Masa Depan pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Semoga SMAIT Al-Khawarizmi sebagai taman persemaian dapat mencetak siswa-siswi yang siap berkontribusi nyata untuk terbangunnya peradaban dunia.

Sesuai dengan Surat Edaran Nomor 56/SE/2018 tentang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk peserta didik baru Tahun Pelajaran 2018/2019 maka sampai 3-4 hari ke depan, Al-Khawarizmi akan melaksanakan MPLS untuk seluruh siswa-siswi baru SDIT, SMPIT, dan SMAIT yang dilaksanakan secara terpisah. Kegiatan yang sebelumnya disebut dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dini kepada siswa-siswi baru terhadap lingkungan sekolah (adab, budaya, aturan dan tata tertib) dan seluruh perangkatnya sehingga akan mempercepat proses adaptasi/penyesuaian diri mereka dengan kondisi baru. mari kita tengok pelaksanaan MPLS yang dilaksanakan Al-Khawarizmi pada hari pertama ini:

MPLS SDIT Al-Khawarizmi

SDIT Al-Khawarizmi melaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk anak-anak kelas I yang bertempat di gedung SDIT. Selalu ada yang unik saat HPS untuk siswa-siswa SDIT karena tidak sedikit orang tua murid yang turut mendampingi anak-anaknya sampai kedalam kelas hingga kedalam kelas. kondisi ini biasa terjadi karena siswa-siswi SDIT yang berusia masih sangat muda dan belum terbiasa untuk tidak bersama orang tua, kondisi ini biasa berlangsung sampai kurang lebih sampah satu pekan kedepan ujar Ustadz Nukman salah satu guru di SIT Al-Khawarizmi.

Setelah anak-anak terbiasa dengan lingkungan sekolah dan mampu bersosialisasi bersama teman-teman baru dan ustadz-ustazdzah SDIT Al-Khawarizmi, kondisi ini ada berangsur berkurang, dan para siswa akan terbiasa.

MPLS SMPIT Al-Khawarizmi

Kegiatan MPLS SMPIT Al-Khawarizmi hari pertama dilaksanakan di Masjid Ulul Albab Kompleks SIT Al-Khawarizmi. Momentum awal ini kemudian dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membentuk identitas Angkatan 9 dengan pembuatan yel-yel angkatan dan sebagainya agar terjalin rasa kebersamaan diantara anak-anak.

“Angkatan Sembilan….!”

ikhwan : “Soleeeeeh”

Akhwat:”Solehaaaa”

Beginilah kira-kira bunyi yel-yel yang disepakati bersama untuk menjadi yel-yel angkatan 9 SMPIT Al-Khawarizmi. Cukup simpel dan mudah diingat ☺.

Susuan acara pada hari pertama ini adalah :

Suasana kondusif dan sarat dengan aktivitas taqwa mewarnai MPLS hari pertama, terlihat dari beberapa konten susunan acara yang penuh muatan ruhiyah seperti sholat dhuha, sholat rawatib, murojaah hafalan juz 30, dan aktivitas tilawah yang dilakukan masing-masing untuk mengisi waktu luang. Para ustadz/ah senantiasa membimbing dan mengarahkan siswa-siswi baru untuk melaksanakan setiap tahapan di dalam susunan acara dengan tertib dan hikmat. Hal ini dimaksudkan untuk melatih dan membiasakan anak-anak SMPIT Al-Khawarizmi agar akrab dengan ibadah kepada Allah ﷻ tidak hanya yang wajib namun juga yang menjadi sunnah Rasulullah ﷺ.

Pada hari pertama ini diperkenalkan pula adab-adab islami serta pengetahuan tentang fiqih wudhu yang disampaikan langsung oleh Kepala Sekolah SMPIT Al-Khawarizmi Ustadz Subhi Abdul Kadir Al-Hafizh. Untuk menambah penguatan materi diselipkan pula pemutaran video fiqih wudhu Ustadz Abdul Shomad agar semakin jelas tata cara pelaksanaan wudhu yang benar sehingga anak-anak dapat berwudhu dengan baik sesuai syari’at.

MPLS SMAIT Al-Khawarizmi

SMAIT Al-Khawarizmi melaksanakan Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk anak-anak Kelas X yang bertempat di Aula Pertemuan Hotel Kyriad Sadurengas Tanah Grogot. ini merupakan momen yang cukup istimewa bagi para siswa karena MPLS kali ini merupakan MPLS untuk siswa angkatan pertama SMAIT Al-Khawarizmi.

Materi demi-demi materi diikuti oleh para peserta dengan seksama dimana dimasa penegenalan lingkungan sekolah ini para siswa diberikan arahan dan informasi terkait cita-cita besar SIT Al-Khawarizmi untuk terus menjadi sekolah yang selalu berkomitmen mencetak lulusan-lulusan yang mampu berkontribusi nyata bagi lingkungan, masyarakat, negara dan tentunya bagi terbangunnya peradaban islam yang lebih baik di era modern ini.

 

Sebelum acara diakhiri panitia MPLS bersama para  siswa dan siswi SMAIT Al-Khawarizmi melakasanakan agenda terakhir yaitu makan siang bersama, semoga acara hari ini memberi kesan yang baik dihati para peserta untuk kemudian menjadi motivasi dalam menjalani proses belajar mengajar dikemudian hari di SIT Al-Khawarizmi.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.