Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad ﷺ

Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad ﷺ adalah peristiwa penting bagi umat Islam di seluruh dunia, dimana pada peristiwa ini baginda Nabi Muhammad ﷺ mendapatkan perintah untuk menunaikan sholat fardu  5 waktu. Isra Mi’raj ini terjadi pada tanggal 27 Rajab tahun 621 masehi dan pada waktu itu umur Baginda Nabi Muhammad ﷺ adalah 51 tahun.

Apa itu Isra?

Isra adalah Perjalanan Baginda Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsa, dengan jarak antara kedua mesjid itu adalah 1239 Km. Waktu itu Rasulullah menaiki Buraq ditemani malaikat Jibril السلام عليه  dan malaikat Israfil  السلام عليه

Apa itu Mi’raj?

Mi’raj adalah perjalanan Baginda Rasulullah ﷺ dari Masjidil Al-Aqsa ke Sidratul Muntaha, yang kemudian di perjalanan Baginda bertemu Nabi-nabi  pada setiap langit sampai langit ketujuh.

Di Sidratul Muntaha untuk bertemu dengan Allah تعالىٰ و سبحان, di sana Allah تعالىٰ و سبحان memerintah umat Nabi Muhammad ﷺ untuk melaksanakan Sholat fardu sebanyak 50 waktu setiap hari. Baginda Rasulullah ﷺ kaget dengan perintah itu, tentunya dengan banyak pertimbangan, yang paling utama adalah kererna Baginda sangat sayang kepada umantnya, beliau meminta keringanan yang banyak kepada Allah تعالىٰ و سبحان, sampai akhirnya Allah تعالىٰ و سبحان menerima permintaan Baginda Nabi kemudian sholat fardu hanya menjadi 5 waktu saja, yaitu Subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya’.

Betapa beruntungnya kita yang mengimani perjalanan Isra Mi’raj nabi Muhammad ﷺ. Padahal andai saja saat kita lebih mengedepankan ego dari akal kita, jarak antara bumi ke langit adalah sangat tidak mingkin pada waktu itu untuk dituju dalam waktu yang singkat , sedang Rasulullah ﷺ diberangkatkan oleh Allah تعالىٰ و سبحان hanya dalam waktu satu malam saja.

Semoga dengan iman ini kita menjadi orang-orang yang beruntung serta mampu membuat  kita menjadi lebih bermakna dalam menjalani hidup ini dan kemudian dengan iman, kita dipertemukan kembali di surga Allah تعالىٰ و سبحان   …aamiin …

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *