Juara 3 Turnamen Sepak Bola Gala Siswa 2018

Turnamen Sepak Bola Gala Siswa tingkat SMP yang dilaksanakan sejak hari senin lalu (5/3) telah sampai kepada tahap-tahap akhir. Pada hari sabtu (10/3) diselenggarakan pertandingan semifinal antara 4 sekolah yang menempati juara 1 dan juara 2 babak penyisihan grup. Tim sepak bola Al-Khawarizmi adalah salah satu yang masuk ke dalam babak semi final ini setelah mengalahkan SMPN 1 di pertandingan terakhir babak penyisihan.

Sebagai juara pertama grup penyisihan, di babak Semifinal SMPIT pun melawan juara 2 grup penyisihan lain yaitu SMPN 8. Pertandingan dimulai pada pukul 15.30 waktu setempat di Stadion Sadurengas dan berlangsung sekitar 15 menit sebelum waktu Ashar. Ada kejadian yang menarik dimana saat terdengar kumandang adzan, dilakukan penundaan pertandingan yang diinisiasi oleh wasit. Seluruh supporter, pelatih, pemain dan panitia Turnamen pun meniadakan aktifitas mereka dan turut mendengarkan adzan dengan hikmat. Sampai adzan selesai barulah pertandingan dilanjutkan kembali.

Salut untuk setiap orang yang hadir di pertandingan semifinal, mendengarkan adzan dan menjawabnya adalah salah satu sunnah yang mulia Rasulullah ﷺ dan bentuk dari adab setiap muslim terhadap panggilan sholat.

Babak pertama pertandingan semifinal berlangsung dengan sengit, tim SMPIT maupun tim SMPN 8 bermain dengan begitu baik. Namun sebuah serangan berhasil menembus barisan pertahanan SMPIT dan menghasilkan sebuah goal. Skor 1-0 untuk keunggulan SMPN 8 pun bertahan sampai babak pertama berakhir.

Babak kedua adalah kesempatan bagi tim SMPIT untuk bisa menyamakan kedudukan atau pun membalikkan keadaan. di bawah instruksi Coach Herry seluruh pemain pun menyusun strategi dan mengerahkan segenap kemampuan terbaiknya untuk bisa mengubah keadaan. Namun ternyata tim SMPN 8 begitu gigih mempertahankan keunggulannya sehingga skor tidak berubah hingga peluit akhir dibunyikan. Dengan kemenangan ini Tim SMPN 8 pun akan melanjutkan ke babak final, dan Tim SMPIT akan menuju ke pertandingan penentuan juara 3 dan 4.

Berdasarkan hasil pertandingan semifinal, maka pada hari Ahad (11/3) SMPIT akan berhadapan dengan SMPN 6 untuk memperebutkan posisi juara 3. Tentunya SMPN 6 bukanlah lawan yang mudah, karena tim SMPN 6 adalah juara 1 babak penyisihan grup, sama seperti tim SMPIT.

Pertandingan penentuan posisi juara 3 pun dimulai pada pukul 15.30 sama seperti waktu pelaksanaan pertandingan semifinal lalu. Terdapat tensi yang berbeda dari pertandingan-pertandingan sebelumnya, karena hasil pertandingan ini akan menentukan salah satu posisi juara turnamen. Kedua tim pun tidak ada yang mau mengalah, dengan serangan-serangan berbahaya yang dilancarkan SMPN 6 berhasil membobol gawang Delaya Priegel Al-Farro, penjaga gawang SMPIT Al-Khawarizmi. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan sementara SMPN 6.

Tim SMPIT pun tidak mengendorkan permainan dan melancarkan serangan-serangan balasan sehingga menghasilkan goal dari kaki Muhammad Iqbal ke gawang lawan, sehingga dapat menyamakan kedudukan 1-1. Namun SMPN 6 dengan pemain depan yang begitu tangguh kembali mencetak goal dan skor akhir untuk babak pertama adalah 2-1, keunggulan untuk SMPN 6.

10 menit Break time dimanfaatkan oleh Coach Herry memberikan arahan terakhir untuk tim SMPIT sebelum kemudian pertandingan dilanjutkan kembali. Tentunya keunggulan 1 angka ini bukanlah sesuatu yang terlalu sulit untuk dilampaui, karenanya Coach Herry memastikan bahwa anak-anak harus siap mental dan tidak patah semangat saat melanjutkan pertandingan di babak kedua. Agaknya semangat ini dapat disampaikan dengan baik, dan dengan optimisme tim SMPIT pun kembali ke lapangan untuk melanjutkan pertandingan.

Babak kedua dimulai dengan lebih sengit, dimana SMPIT bergerak dengan pola yang lebih offensive. Sebaliknya untuk mempertahankan keunggulan SMPN 6 bermain cenderung lebih defensive, dan ini adalah peluang besar bagi SMPIT untuk menekan pertahanan SMPN 6. Di tengah-tengah pertandingan, terdapat kesalahpahaman antara wasit dan pemain dimana wasit garis mengangkat bendera pertanda offside saat pemain SMPIT melakukan serangan, namun wasit menilainya sebagai “Play On” dan memutuskan untuk melanjutkan pertandingan. Sontak ini membuat pemain bingung dan salah satu pemain SMPIT Rifal Fadriansyah Sihombing memanfaatkan keadaan ini untuk menendang bola dan goal.

Pelatih SMPN 6 melakukan protes namun wasit telah memutuskan bahwa goal tersebut sah sehingga skor menjadi 2-2. Agaknya satu goal kontroversial ini melemahkan mental anak-anak SMPN 6 dan menurunkan tensi permainannya sehingga satu goal kembali berhasil dicetak oleh striker andalan SMPIT Al-Khawarizmi Muhammad Iqbal sehingga skor berbalik menjadi 3-2 untuk keunggulan SMPIT. Skor itu menjadi skor akhir pertandingan penentuan posisi juara 3 ini, dan dengan demikian mengantarkan SMPIT Al-Khawarizmi menjadi Juara 3 Turnamen Sepak Bola Gala Siswa 2018.

Selamat kepada seluruh elemen yang telah mengantarkan tim SMPIT menjadi juara 3, terutama Coach dan supporter yang luar biasa ramai. Ini adalah kemenangan kita bersama, dan teruntuk para pemain yang luar biasa disampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja kerasnya mengangkat nama sekolah SMPIT Al-Khawarizmi. Ini adalah kali pertama SMPIT Al-Khawarizmi meraih posisi Juara di dalam turnamen Sepak Bola, sebuah momen bersejarah untuk awal yang baik ke depan, InsyaaAllah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *