Tour & Short English Training In Pare (TESTIP) 2nd

TESTIP adalah kegiatan rutin tahunan SDIT AL-Khawarizmi yang bertujuan untuk mengasah kemampuan anak-anak dalam aspek bahasa khususnya bahasa Inggris. TESTIP pada tahun 2017 ini adalah TESTIP yang kedua (2nd) setelah pada tahun sebelumnya Al-Khawarizmi melaksanakan kegiatan serupa. Kegiatan ini dilaksanakan di Pare bekerjasama dengan Kampung Inggris.

 

Pada tahun 2017 ini Al-Khawarizmy memberangkatkan 13 siswa dan 2 guru, sedikit lebih banyak dari TESTIP pertama (1st) tahun sebelumnya dimana Al-Khawarizmy memberangkatkan 8 siswa 1 guru. Anak-anak yang berangkat pada TESTIP 2nd diambil dari kelas 4-6 (13 anak) : Asyla, Aisyah ARP, Fakhira, Azzel, Tasya, Lila, Reghita, Balqis, Dwi Kanthi, Najwa, Fahri, Zidan, dan Kahfi. Sebagai pendamping dan memandu anak-anak di dalam perjalanan adalah Ustadzah Maulika Suryani dan Ustadzah Lasri Awaliah.
Kegiatan dilaksanakan selama 15 hari dimulai dari tanggal 11 Desember – 25 Desember 2017. Dari hari Senin-Jum’atnya dilaksanakan agenda Belajar Bahasa Inggris (speaking, reading, writing, grammar) sebanyak 5 sesi sehari.
Khusus pada hari Sabtu dan hari Ahad adalah agenda libur (tidak ada agenda belajar) dan dimanfaatkan untuk melaksanakan darmawisata, dimana selain mengunjungi tempat-tempat wisata dan menikmati keindahan alam dan situs bersejarah di Kampung Inggris (Pare), juga agar para siswa dapat berjumpa secara langsung dengan turis-turis mancanegara. Tujuannya adalah supaya anak-anak mendapatkan direct experience dari inti perjalanan ini yaitu mempelajari Bahasa Inggris secara langsung melalui native speaker.
Diantara tempat-tempat yang dikunjungi pada hari-hari luang adalah melakukan Outdoor class ke candi surowoni dan candi tegowangi di Pare.
 
Anak-anak sempat berfoto dengan beberapa turis mancanegara, tapi foto-foto tersebut tidak dapat ditampilkan untuk umum “Ups”. Anak-anak menyimpan dokumentasi mereka bersama para turis sebagai kenangan masing-masing. Tentu ini adalah benar-benar pengalaman yang mengasikkan untuk anak-anak.
Selain berdarmawisata di sekitar wilayah Pare, juga terdapat berapa tempat di luar yang sempat dikunjungi seperti ke Ubalan di Kediri, serta sempat juga ke Candi Borobudur, Taman Pintar, Keraton, dan Jalan Malioboro di Yogyakarta.
Pada hari-hari terakhir di tanggal 24 Desember 2017 diadakan thanksgiving and farewell party (perpisahan) sebagai agenda terakhir di dalam rangkaian TESTIP 2nd Al-Khawarizmy, dan pada tanggal 25 Desember 2017 anak-anak beserta guru pendamping melakukan perjalanan pulang kembali ke tanah Paser yang alhamdulillah sampai dengan selamat.

2 thoughts on “Tour & Short English Training In Pare (TESTIP) 2nd”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *